Rabu, 13 Maret 2013

Tujuan Laporan Tahunan Sebagai Laporan Keuangan Eskternal Para Pengguna Laporan Tahunan Sebagai Laporan Keuangan Eskternal


Karena tujuan laporan tahunan adalah untuk menyediakan informasi untuk para pemegang saham, itu menunjukkan para pemegang saham sebagai salah satu pengguna dari laporan tahunan. Pernyataan tersebut mengacu dari maksud laporan tahunan untuk membuat informasi tersedia kepada para pemegang saham perusahan dan potensial pemegang saham (Anderson and Epstein, 1995). Dilain pihak, ada pengguna-pengguna potensial dari laporan tahunan atau yang disebut dengan stakeholders. Laporan keuangan eksternal seperti laporan tahunan ditujukan untuk pihak eksternal perusahaan. Penyedia sumber eksternal seperti kreditor dan investor, penerima barang dan jasa atau konsumen dan pihak-pihak penjaga yang berhubungan dengan bisnis perusahaan seperti pemilik perusahaan dan agen pemerintah membutuhkan informasi dalam pembuatan keputusan. Dimana keputusan tersebut berkaitan dengan pemberian kredit, keputusan investasi, keputusan pembelian barang dan jasa, pemenuhan dengan hukum pajak serta peraturan dan ketentuan lainnya (Hogett and Edwards, 1996).
Para pengguna informasi keuangan eksternal berasal dari berbagai macam kepentingan. Setiap penggunan mempunyai masing-masing tujuan dalam menggunakan laporan keuangan eksternal. Telah diklasifikasikan bahwa para pengguna eksternal dari informasi keuangan terbagi dalam 3 kelompok umum. Ketiga kelompok tersebut adalah investor kredit dan ekuitas, pemerintah (baik legislatif ataupun eksekutif, badan peraturan, dan otoritas pajak), dan yang terakhir masyarakat umum dan kelompok dengan kepentingan tertentu seperti serikat pekerja dan kelompok konsumen (White., Sondhi and Fried, 1998). Akan tetapi, laporan keuangan eksternal atau laporan tahunan dapat digunakan oleh kelompok diluar lingkungan perusahaan juga. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar