Jumat, 01 Maret 2013

Pengertian Pemasaran


         Dengan adanya perkembangan dibidang tehnologi dan ilmu pengetahuan, memungkinkan dihasilkannya barang-barang pemuas kebutuhan manusia dalam jumlah yang besar dan beragam. Hal ini akan menimbulkan masalah-masalah dalam bidang pemasaran hasil-hasil produksi tersebut, dengan kata lain pemasaran memainkan peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan dan kelangsungan hidup perusahaan.
            Masalah pemasaran merupakan salah satu masalah yang dihadapi perusahaan pada umumnya. Hal ini dikarenakan tumpuan suatu perusahaan pada umumnya untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemasaran merupakan tulang punggung perusahaan dengan tidak mengabaikan fungsi-fungsi lainnya.
            Pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam suatu siklus yang dimulai dengan kebutuhan konsumen dan diakhiri dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dengan kata lain pemasaran adalah suatu fungsi dalam perusahaan dimana melalui fungsi ini perusahaan mengidentifikasikan segala kebutuhan dan keinginan konsumen, memperkirakan dan menentukan target pasar yang dituju, mendesain produk atau servis jasa dengan tepat, memilih para tenaga pemasar yang profesional serta hal-hal yang menjadi tugas dan fungsi memasarkan. Oleh karena itu pemasaran merupakan suatu kegiatan pengambilan keputusan yang sulit bagi perusahaan. Ketepatan keputusan yang diambil oleh perusahaan pada saat tertentu akan mempengaruhi aktivitas perusahaan selanjutnya.
            Beberapa ahli pemasaran telah mengemukakan pendapatnya tentang pengertian marketing, walaupun pengertian tersebut seakan-akan berbeda, namun pada prinsipnya mempunyai kesamaan.
            Menurut Philip kotler dalam buku Manajemen Pemasaran (2000 : 09) bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
            Selain itu William J. Stanton dalam buku Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen  (2000 : 31) menyatakan bahwa pemasaran adalah semua sistem dari aktivitas perusahaan untuk menentukan tempat, harga, promosi dan saluran distribusi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen baik yang aktual maupun yang potensial.
            Berdasarkan hal tersebut yang telah dikemukakan para ahli pemasaran, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pemasaran adalah semua kegiatan atas tindakan-tindakan yang menyebabkan perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, yang dapat memasarkan keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga dapat menimbulkan proses pertukaran.
            Salah satu cara untuk mengetahuinya berhasil tidaknya usaha yang dijalankan oleh perusahaan adalah terletak pada besarnya jumlah permintaan untuk meningkatkan volume penjualannya. Seluruh faktor yang dikuasai dan yang dipegang oleh manajer produksi untuk mempengaruhi permintaan akan hasil produksi perusahaan disebut marketing mix.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar