Kamis, 21 Maret 2013

Pengertian Kinerja

Keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan bukan hanya tergantung pada bagaimana organisasi atau perusahaan tersebut melakukan aktivitas rutin dalam seluruh komponen organisasi atau perusahaan. Kinerja merupakan kondisi yang harus diketahui dan diinformasikan kepada pihak-pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu organisasi.
Menurut Mulyadi (2001 : 45) menjelaskan bahwa :
“Kinerja adalah penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawan berdasarkan sasaran, standar, dan kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya.
Karena pada dasarnya organisasi dijalankan oleh manusia, maka penelitian kinerja sesungguhnya merupakan penilaian atas perilaku manusia dalam melaksanakan peran yang mereka mainkan dalam organisasi.
Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)  dalam buku standar akuntansi keuangan (1999:17) menjelaskan bahwa:

 
Tujuan informasi kinerja perusahaan terutama profitabilitas, diperlukan untuk menilai perubahan potensial sumber daya ekonomi yang mungkin dikendalikan di masa depan. Informasi kinerja bermanfaat untuk memprediksikan kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang ada, di samping itu informasi tersebut juga berguna dalam perumusan pertimbangan tentang efektivitas perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya”.

Kinerja memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan guna menilai sumberdaya ekonomi perusahaan, informasi kinerja juga dapat digunakan untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang dimiliki.
Dari pengertian diatas maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa kinerja adalah suatu rangkaian aktivitas yang mengambarkan operasional suatu organisasi, bagian organisasi, dan karyawan berdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan dalam satu periode untuk menilai efisiensi dan efektivitas atas hasil yang diperoleh dalam kegiatan / usaha perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar