Rabu, 13 Maret 2013

Para Pihak Yang Terlibat Dalam Corporate Communication dan Alasan Corporate Communication


Laporan tahunan perusahaan merupakan alat bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pengguna eksternal. Perusahaan mempunyai akuntabilitas yang harus diberikan kepada para pemegang saham sebagai pengguna utama laporan tahunan. Para pemegang saham dan stakeholders memindahkan sumber daya ke perusahaan melalui otoritas board of directors dan manajemen dengan harapan dapat mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Dengan pemindahan sumber daya, para pemegang saham berkemungkinan mempunyai baik itu resiko ataupun keuntungan pengembalian dari sumber daya yang mereka tanam ke perusahaan. Para penyedia sumber dana harus mengetahui tentang manajemen dan pengelolaan dana dalam pengoperasian bisnis untuk mencapai tujuan-tujuannya. Dengan laporan tahunan, perusahan dapat berkomunikasi dengan penyedia sumber dana dan memberikan tanggung jawab atas penggunaan dana tersebut. Perusahaan sebagai penerima dana mempunyai kewajiban untuk memberitahukan para pemegang saham dan stakeholders tentang pengelolaan dan manajemen perusahaan dalam penggunaan dana. Akuntabilitas ini membuat perusahaan untuk membagi informasi tentang kondisi dan keuangan perusahaan kepada mereka sebagai penyedia sumber dana. Akuntabilitas ini ada ketika hubungan sosial melibatkan suatu investasi dimana berkemungkinan pada tingkat resiko tertentu dan dimana investasi tersebut diambil dengan terkondisikan pada hak untuk menerima informasi dan hak untuk mendapatkan verifikasi atas informasi tersebut (Gaffikin, Dagwell, Wines and Smith, 1998).
Diketahui juga bahwa para pemegang saham telah mendelegasikan tanggung jawab mereka atas perusahaan kepada manajemen dibawah kendali dewan direksi yang bertindak sebagai stewards. Sebagai stewards dari para pemegang saham, manajemen dan board of directors diberikan kepercayaan untuk mengendalikan sumber daya para pemegang saham di perusahaan tempat dimana para pemegang saham memberikan untuk investasi. Berkaitan dengan hal tersebut, board of directors dan manajemen mempunyai tanggung jawab atau akuntabilitas atas para pemegang saham tentang kondisi dan kinerja perusahaan. Melalui komunikasi dengan laporan tahunan, manajemen perusahaan memenuhi corporate accountability. Satu-satunya cara pihak luar perusahaan dapat mengetahui tentang situasi perusahaan secara menyeluruh melalui laporan tahunan. Situasi ini didasari dengan alasan competitive disadvantage yang berkemungkinan terjadi jika perusahaan membagi semua informasi tentang perusahaan dengan mudah.
Selanjutnya, para pemegang saham memilih board of directors sebagai wakil mereka di perusahaan atau dikenal dengan stewards. Dengan alasan tersebut, board of directors mempunyai tanggung jawab untuk melapor kepada para pemegang saham atau menjalankan fungsi stewardship ke para pemegang saham. Dewan direksi bertindak atas nama para pemegang saham dan mempunyai akuntabilitas untuk menginformasikan semua perkembangan yang terjadi pada perusahaan dalam rangka mencapai misi dan tujuan perusahaan. Akuntabilitas berarti perusahaan telah memenuhi misi mereka dan membuat laporan kepada publik dan para pemegang saham (Bavly, 1999). Ada alasan yang kuat kenapa perusahaan perlu untuk berkomunikasi dengan para pemegang saham dan pengguna eksternal lainnya. Dengan komunikasi, perusahaan mendapatkan umpan balik dari para pihak eksternal dan para pemegang saham setelah mereka memahami isi dan inti dari laporan tahunan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan dapat melihat keinginan dan kebutuhan baik para pemegang saham dan para pengguna eksternal laporan tahunan. Pada tahun mendatang, perusahaan dapat memprediksi dan memahami permintaan mereka. Bersamaan dengan itu, perusahaan dapat memberikan corporate communication, corporate accountability dan pedoman akan perilaku penyedia sumber dana. Secara singkat, laporan tahunan ditujukan untuk memberitahukan situasi perusahaan ke penyedia sumber dana termasuk para pemegang saham sebagai pengguna utama dalam rangka memenuhi corporate accountability sebagai pertanggungjawaban dewan direksi kepada para pemegang saham.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar