Kamis, 21 Maret 2013

Konsep Komputer Akuntansi


Istilah teknologi informasi mulai digunakan secara luas dipertengahan tahun 1980-an. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi komputer yang diperlukan dengan teknologi komunikasi.
Seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut segala sesuatu yang serba cepat maka, manusia pun berusaha dengan segala cara sehingga mampu melakukan aktivitas tanpa harus mengorbankan waktu yang banyak hanya untuk menyelesaikan satu aktivitas atau kegiatan.
Hal yang menjadi perhatian utama sekarang ini bagi setiap kegiatan yaitu dibutuhkannya alat yang mampu melakukan kegiatan pengolahan data-data baik yang bersifat  numeric  maupun non-numeric sehingga komputer pun diciptakan.
Komputer tidak dapat berpikir. Mesin komputer disebut perangkat keras. Komputer  atau perangkat keras dapat beroperasi dan melakukan pekerjaan kalkulasi hanya karena mengikuti instruksi manusia secara persis melalui perangkat lunak. Perangkat lunak adalah istilah untuk intruksi manusia secara persis melalui perangkat keras.  Perangkat lunak adalah koleksi atau kumpulan  program komputer, yaitu dalam bentuk sistem pengoperasian komputer dan yang secara terinci dibuat dalam bentuk instruksi tertulis dalam bahasa komputer.

Program Akuntasi (Software Accounting)
Yang dimaksud dengan program akuntansi adalah suatu bentuk aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengelolahan data-data keuangan suatu perusahaan.
Karena merupakan sebuah aplikasi maka pemakaiannya diharapkan akan mempermudah dalam menyusun sebuah laporan keuangan. Didalam aplikasi ini terdapat semua hal yang ada dalam sebuah laporan keuangan dimulai dari pencatatan transaksi, pembuatan jurnal, pembuatan laporan laba rugi, hingga penyusunan sebuah neraca.
Sistem komputer akuntansi sangatlah penting bagi suatu perusahaan hal ini disebabkan karena tingkat kebutuhan akan sebuah penyajian laporan keuangan yang cepat dan tepat sehingga dapat memudahkan manajemen puncak dalam melakukan pengambilan keputusan yang dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan.
Karena tingkat kebutuhan yang semakin tinggi maka sistem akuntansi komputerpun telah melakukan evaluasi atas bentuk dan kemampuan yang dimilikinya. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak variasi sesuai dengan tingkat kebutuhan dalam suatu perusahaan.
Pemakaian komputer dalam bidang akuntansi telah menghadirkan berbagai macam manfaat yang membuat manusia semakin mudah dalam menyelesaikan semua kegiatan tidak hanya dalam hal perhitungan namun komputer mampu melakukan penyimpanan data-data dalam jumlah besar.
Secara garis besar komputer akuntansi adalah suatu sistem yang dipakai/dijalankan dalam komputer yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan kegiatan akuntansi sehingga pengolahan data-data keuangan bisa lebih mudah dan lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar