Kamis, 21 Maret 2013

Konsep Efisiensi dan Efektifitas


Efisiensi terjadi karena adanya suatu kegiatan atau usaha yang dinilai oleh perusahaan/lembaga telah banyak menghabiskan resources namun manfaat yang dirasakan oleh perusahaan sangatlah kecil, maka perusahaa/lembaga tersebut melakukan peninjauan kembali semua aspek yang ikut serta dalam kegiatan/usaha tersebut ditutup kemudian diganti dengan kegiatan/usaha yang lain oleh perusahaan sehingga memberi manfaat yang besar bagi perusahaan.
Guna mendukung pembahasan penulis akan mengemukakan beberapa pendapat yang berbeda namun memiliki keterkaitan dan tujuan yang sama.
Singkatnya menurut Kamus Lengkap Ekonomi (2002:149) Bahwa: “Efisiensi adalah Rasio atau perbandingan usaha atau kerja yang berhasil, dan seluruh kerja atau pengorbanan yang dikerahkan untuk mencapai hasil tersebut dengan kata lain, rasio antara input dan output”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Efisiensi merupakan sebuah metode perbandingan antara usaha yang dilakukan dengan hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dalam melakukan kegiatan.
Sementara itu efektivitas menurut Sondang P. Siagian (2001:20) mengatakan bahwa: “Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, dana, sarana, dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang dan jasa dengan mutu tertentu tepat pada waktunya”.
Jadi efektivitas adalah suatu bentuk perbandingan antara pemanfaatan kemampuan sarana perusahaan dengan waktu yang tercapai dalam usahanya untuk mendapatkan hasil yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sedangkan konsep efektivitas menurut Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer (2000:376) bahwa : “Efektivitas merupakan Manfaat, pengaruh, akibat, dan sebagainya”, yang timbul akibat pemanfaatan segala sesuatu dalam melakukan kegiatan atau usaha”.
 Efisiensi    = Input : Output
 Efektivitas = Sumber pemanfaatan yang dimiliki perusahaan :
penyelesaian sebuah pekerjaan

 
Ada beberapa hal penting yang perlu digaris bawahi dari definisi efisiensi dan efektivitas di atas yaitu :




Namun perlu disadari bahwa standar atau ukuran yang pasti dalam menilai suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh setiap perusahaan berjalan dengan konsep efisiensi dan efektivitas  sangatlah sulit karena itu semua bergantung bagaimana pihak manajemen dari perusahaan menilai semua kegiatan usahanya sehingga bisa diketahui kegiatan atau usaha yang mana telah berjalan sesuai dengan konsep efisiensi dan efektivitas yang diinginkan oleh pihak manajemen perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar