Minggu, 03 Maret 2013

KONSEP DAN DEFINISI ANGGARAN


Anggaran adalah sebuah isu utama dalam semua organisasi di akuntansi sektor publik. Penganggaran adalah kegiatan universal dan penting pemerintah.Ini adalah kunci untuk perencanaan dan pengendalian pada semua tingkatan kegiatan pemerintah. Ada banyak definisi dari anggaran. Anggaran adalah rencana keuangan untuk masa depan". Definisi lain yang tampaknya lebih tepat untuk otoritas publik yang ditetapkan oleh CIPFA (, 1986 hal.1) bahwa " anggaran dan kuantitatif laporan keuangan yang disiapkan sebelum jangka waktu tertentu kebijakan yang akan ditempuh selama waktu untuk tujuan mencapai sebuah "tujuan tertentu. Menurut Coe (1989) anggaran merupakan proyeksi pendapatan pada masa mendatang dan pengeluaran dan juga dapat dilihat sebagai rencana untuk belanja dan menerima dana.
Dari definisi di atas, jelas bahwa anggaran persyaratan dan perencanaan sangat erat antar-terkait dan bahwa anggaran adalah ekspresi, dalam hal keuangan, wewenang Kebijakan-kebijakan yang selama periode yang dicakup oleh anggaran juga. Ini merupakan pernyataan niat terhadap yang berprestasi dapat dibandingkan. Sebuah pernyataan yang sama telah dibuat oleh United Nations (1976, h.19) bahwa "Anggaran adalah alokasi sumber daya dipersiapkan sebelumnya, yang berkaitan dengan masa depan, berdasarkan perkiraan dari variabel kunci, diadopsi untuk mencapai kebijakan tertentu tujuan; berkaitan pengeluaran diantisipasi pendapatan diantisipasi dan merupakan suatu dasar terhadap yang pengeluaran aktual dan pendapatan dapat diukur dan dikontrol itu. Jones & Pendlebury (1993, hal.50) memiliki definisi didukung dengan menekankan aspek perencanaan dan pengendalian dalam anggaran "anggaran menyediakan hubungan penting antara perencanaan dan pengendalian". Dalam perencanaan, anggaran dinyatakan sebagai masukan diperlukan dalam hal moneter untuk mencapai serangkaian target yang direncanakan dan kegiatan dalam periode anggaran,. pengendalian Dalam hal anggaran siap memperlihatkan secara jelas masukan dan sumber daya.
Wildavsky (1978) didefinisikan anggaran sebagai dokumen, yang berisi angka yang mengusulkan pengeluaran untuk item tertentu dan tujuan. Kata-kata menggambarkan jenis pengeluaran (gaji, peralatan, perjalanan, dll) atau tujuan (mencegah perang, menyediakan air bersih dan pendidikan), dan tokoh-tokoh yang melekat pada setiap item. Anggaran itu merupakan penyusunan pernyataan dalam hal keuangan program kegiatan organisasi untuk tahun mendatang. Oleh karena itu, anggaran erat terkait dengan otorisasi program untuk implementasi mereka terhadap pencapaian organisasi tujuan. Selain itu, Wildavsky (1975) menekankan bahwa anggaran juga merupakan pernyataan tentang masa depan, dan ia mencoba untuk menghubungkan pengeluaran yang diusulkan dengan peristiwa masa depan yang diinginkan. Oleh karena itu, anggaran harus direncanakan untuk menentukan masa depan negara urusan, melalui serangkaian tindakan saat ini ,. Selanjutnya anggaran juga berfungsi sebagai rencana pengelolaan bagi pemerintah. Anggaran dianggap sebagai alat yang paling penting dari manajemen untuk tujuan melaksanakan tujuan organisasi, praktek dan struktur dan sebagai alat untuk perencanaan, analisis dan kontrol.



DAFTAR PUSTAKA

Aronson, J and Schwartz,E., 1981, Management Policies in Local GovernmentFinance, Washington DC,.
Caldwell, K., 1978."The Accounting Aspects of Budgetary Reform: Can We Have Meaningful  Reform  Without  Significant  Changes  in  Traditional Accounting Practices?", Governmental Finance.
Coe, C.K., 1989, Public Financial Management, New Jersey:Prentice Hall.
David Wise., 1988, “Better Budgeting for Better Results : The Role of Zero-Base Budgets”, ManagementAccounting,May 1988.
Goode, R., 1984. Government Finance in Developing Countries, The BrookingInstitution, Washington.
 Hofstede. , 1981,  “Management Control of Public and Not-for-Profit Activities,  Accounting Organisations and Society, Vol. 6, No. 3, pp. 193 - 211, 1981.
Jones, R. and Pendlebury, M., 1996,  Public Sector Accounting, Pitman Publishing, London.
Lauth, T.P.,1978, “Zero-Base Budgeting in Georgia State Government : Myth And Reality”, Public Administration Review, Vol. 38, No.5, September/October 1978. 
Lee, R.D and Jonhson, 1984. Public Budgeting System., University ParkPress, Baltimore and London.
Masrizal., 1999,  “The Implementation of Budgeting System in Developing Countries”, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. II  No.2, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, 1999.
Payad, Aurora.,1978,  "PPBS: Perspective and Prospects for Local Governments",Philippine Journal of Public Administration, 1978.
Premchand, A., 1993,  Government Budgeting and Expenditure Controls, IMF, Washington.
Pyhrr,A..1977, "The Zero-Base Budgeting", Public Administration  Review, 1977.
Sarant, Peter C., 1978, Zero Base Budgetingin the Public Sector: A Pragmatic Approach, Addison-Wesley, London.
United Nations., 1976,  Budgeting and Planning for Development in Developing Countries., New York.
Wildavsky, A.,1978, "A Budget For All Seasons? Why The Traditional Budget Last", Public Administration Review, November/December, 1978.
Worthley, J.A. and Ludwin, W.G. (eds), 1979,  Zero-Base Budgeting in State and Local   Government: Current Experience and Cases, Praeger, New York.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar