Senin, 04 Februari 2013

Tujuan Promosi


Tujuan utama promosi menurut Alma dalam bukunya (2005:181) ialah memberi informasi, menarik perhatian dan selanjutnya memberi pengaruh meningkatnya penjualan. Sedangkan tujuan pokok dari promosi yang telah dikemukakan oleh Basu Swastha dalam bukunya manajemen penjualan (1998:124) adalah untuk meningkatkan permintaan bagi produk. Permintaan dapat ditingkatkan dengan cara :
a)    Menaikkan jumlah pembeli
b)    Dan atau menaikkan tingkat penggunaan barang di antara pembeli yang ada.
Pembeli baru mungkin berasal dari pembeli merk saingan. Sedangkan tingkat penggunaan yang semakin besar dapat terjadi bilamana perusahaan selalu mengingatkan pembeli untuk rnenggunakan merknya atau dapat pula mengatakan pada pembeli tentang panggunaan baru dari produknya. Tujuan periklanan bagi suatu barang akan tergantung pada tahap yang ada di dalam siklus kehldupan produk tersebut. Biasanya promosi dilakukan untuk:
a.    Memberikan  kesadaran  pada  pembeli tentang  adanya  produk baru tersebut
b.    Mendorong distribusi merk baru
c.    Menunjukkan kepada pembeli dengan suatu alasan bagi pembeli produk baru. Semua itu ditujukan untuk mempertahankan posisi pasar produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar