Kamis, 07 Februari 2013

Tujuan Penetapan Harga Jual


Dalam pengambilan keputusan dan menetapkan harga jual atau produk suatu perusahaan harus mempunyai tujuan dan sasaran tertentu. Baik untuk tujuan dan sasaran jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang. Hal ini dimaksudkan agar kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat terjaga untuk masa yang akan datang.
         Persaingan bisnis yang ketat mengharuskan perusahaan untuk lebih berhati-hati dalam menetapkan kebijakan penetapan harga jual. Tingkat harga jual yang tepat akan mengarahkan perusahaan pada pencapaian laba yang optimal. Penetapan harga yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ketidak mampuan bersaing dengan produk atau jasa sejenis dipasaran.
               Secara umum penetapan harga jual bertujuan untuk mengoptimalkan laba dan pertumbuhan perusahaan serta menjaga kontinuitasnya. Dalam jangka panjang semua biaya yang telah dikeluarkan, diharapkan dapat ditutupi oleh harga jual yang telah ditetapkan.
         Menurut Indriyo Gitosudarmo (2000, Hal 232) adapun tujuan penetapan harga yang sebenarnya ada bermacam-macam yaitu :
  1. Mencapai target pengembangan investasi atau tingkat penjualan neto suatu perusahaan.
  2. Alat persaingan terutama untuk perusahaan sejenis
  3. Memaksimalkan profit
         Berdasarkan uraian diatas, untuk mencapai tujuan harga tersebut ada beberapa faktor penentu harga yang perlu dipertimbangkan yaitu :
  1. Mengenal permintaan produk dan persaingan
  2. Target pasar yang hendak diraih dan dilayani
  3. Marketing mix strategi
            Sedangkan menurut Basu Swastha dan Irawan (1997, Hal 242), mengemukakan tujuan penetapan harga antara lain :
1.    Meningkatkan penjualan
2.    Mempertahankan dan memperbaiki market share
3.    Stabilitas harga
Lebih lanjut dikemukakan oleh Basu Swastha dan Irawan (1997, Hal 45), tingkat harga yang terjadi dalam suatu pasar akan dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu :
  1. Keadaan Perekonomian
Keadaan perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku. Semakin tinggi harga suatu barang yang ditetapkan, maka semakin kurang jumlah barang yang di beli oleh masyarakat.
b.    Penawaran dan Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu, sedangkan penawaran adalah suatu jumlah yang ditawarkan oleh penjual pada tingkat harga tertentu.
c.    Elastisitas Permintaan
Faktor lain yang dapat mempengaruhi penentuan harga adalah sifat permintaan pasar. Di mana sifat permintaan pasar ini tidak hanya mempengaruhi penentuan harganya tetapi juga mempengaruhi volume yang dapat dijual.
d.    Persaingan
Harga jual beberapa macam barang sering dipengaruhi oleh keadaan persaingan yang ada. Barang-barang dari hasil pertanian misalnya dijual dalam keadaan persaingan murni. Dalam persaingan seperti ini penjual yang berjumlah banyak aktif menghadapi pembeli yang banyak pula. Sehinmgga banyaknya penjual dan pembeli ini akan mempersulit penjualan perseorangan untuk menjual dengan harga yang lebih tinggi kepada pembeli yang lain.
e.    Biaya
Biaya merupakan dasar dalam penentuan harga, sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian. Dan sebaliknya apabila suatu tingkat harga melebihi semua biaya akan menghasilkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar