Minggu, 17 Februari 2013

Syarat-syarat Segmentasi Pasar dan Penetapan Target Pasar


1. Syarat-syarat Segmentasi Pasar
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan segmentasi pasar, namun tidak semua segmentasi adalah efektif. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal maka segmen pasar harus memenuhi lima syarat, yaitu :
1.       Dapat diukur (Meaasurable)
Besar dan daya bell setiap segmen harus dapat diukur dengan tingkat tertentu. Artinya pengelompokan pasar hendaknya tidak terlalu luas dan jangan terlalu sempit. Jika terlalu luas, maka sifatnya masih homogen sehingga reaksi konsumen terhadap kegiatan pemasaran masih ditanggapi dengan cara yang berbeda-beda. Jika terlalu sempit akan berakibat terlampau banyaknya segmen pasar yang berbeda-­beda yang memerlukan perlakuan yang berbeda pula.
2.       Dapat dicapai (Accessible)
Seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif dalam arti bahwa secara wajar mereka akan mempunyai respon tertentu mendapat perlakuan pemasaran tertentu pula.
3.    Dapat dibedakan (Differentible)
Segmen harus dibedakan artinya dapat dipisahkan ke dalam segmen atau kelompok-kelompok yang memiliki sifat yang berbeda sehingga segmen-segmen itu akan mempunyai reaksi yang berbeda terhadap perlakuan dan program pemasaran khusus cukup memadai untuk disusun dan dilakukan.
4.    Dapat dilaksanakan/Harus bersifat opersional (Actionable)
Hal ini berarti bahwa program-program yang efektif dapat disusun untuk menarik minat segmen.
Hal ini sejalan dengan pendapat dari Kotler (2005:238), yang mengatakan bahwa syarat-syarat dari segmentasi pasar adalah dapat diukur, dapat diakses, dapat dibedakan, serta dapat diambil tindakan.

2. Penetapan Target Pasar
Untuk menentukan target pasar janganlah dilakukan secara sembarangan, akan tetapi perlu dilakukan strategi yang benar, sehingga target pasar yang diinginkan tepat pada targetnya. Strategi penetapan target pasar dapat dilakukan dengan cara, yaitu
1.    Atas dasar atribut
2.    Kesempatan penggunaan
3.    Menurut pengguna
4.    Langsung menghadapi pesaing, yaitu produk diposisikan sebagai sesuatu yang lebih baik dibandingkan pesaing kita.
5.    Kelas produk, maksudnya produk tersebut ditujukan kepada kelompok tertentu, Kasmir (2004:122).
Selanjutnya oleh Kotler (2005:240), mengemukakan bahwa penetapan target pasar adalah sebagai berikut :
1.       Mengevaluasi segmen pasar
Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus memperlihat-kan dua faktor daya tarik segmen secara keseluruhan serta tujuan dan sumber daya perusahaan.
a.  Perusahaan harus menanyakan apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum membuatnya menarik, seperti ukuran, pertumbuhan profitabilitas, skala ekonomis, risiko yang rendah, dan lain-lain.
b.  Perusahaan harus mempertimbangkan apakah berinvestasi dalam segmen tersebut masuk akal dengan memperhatikan tujuan dan sumber daya perusahaan.
2.      Memilih segmen pasar
 Setelah mengevaluasi segmen-segmen yang berbeda, perusahaan sekarang harus memutuskan segmen yang mana dan berapa banyak segmen yang akan dilayani. Dengan kata lain, ia harus memutuskan segmen mana yang akan dijadikan target.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar