Kamis, 07 Februari 2013

Sumber- sumber dan Penggunaan Dana (Kas)


Dalam menyusun Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana dalam artian kas, menurut Bambang Riyanto (1995:345) langkah-langkah yang digunakan dalam menggunakan dana dilakukan dengan cara :
1.    Menyusun Laporan perubahan Neraca, yang menggambarkan perubahan masing-masing elemen neraca antara dua titik waktu yang akan dianalisa (bulanan dan tahunan).
2.    Mengelompokkan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan perubahan-perubahan yang memperbesar Kas dan golongan perubahan-perubahan yang memperkecil jumlah Kas.
3.    Mengelompokkan elemen-elemen dalam Laporan Rugi & Laba atau Laporan Laba ditahan ke dalam golongan yang memperbesar Kas dan golongan yang memperkecil jumlah Kas.
4.    Mengadakan konsolidasi dari semua informasi tersebut ke dalam Laporan sumber-sumber dan Penggunaan Dana.
Adapun perubahan-perubahan dari elemen-elemen neraca antara dua saat yang efeknya memperbesar Kas yang dikemukakan oleh Bambang Riyanto (1995:348), dan ini disebut sebagai sumber-sumber dana adalah sebagai berikut :
1.    Berkurangnya aktiva lancar selain Kas.
Berkurangnya aktiva lancar selain Kas berarti bertambahnya dana atau Kas. Berkurangnya barang (inventory) dapat terjadi karena terjualnya barang tersebut, dan hasil penjualan itu merupakan sumber dana/ Kas bagi bank itu. Berkurangnya piutang berarti bahwa piutang itu telah dibayar dan penerimaan piutang merupakan penambahan dana yang diterima oleh bank yang bersangkutan. Begitu pula berkurangnya surat-surat berharga atau efek berarti bahwa efelk itu terjual dan hasil penjualan tersebut merupakan sumber dana/ Kas bagi bank tersebut.
2.    Berkurangnya aktiva tetap.
Seperti halnya berkurangnya aktiva lancar, berkurangnya aktiva tetap pun merupakan sumber dana/ kas bagi bank yang bersangkutan. Berkurangnya aktiva tetap bruto berarti bahwa sebagian dari aktiva tetap itu dijual dan hail penjualannya merupakan sumber dana. Berkurangnya aktiva tetap neto juga merupakan sumber dana, karena berkurangnya aktiva tetap neto tersebut berarti adanya depresiasi inipun merupakan sumber dana.
3.    Bertambahnya setiap jenis utang.
Bertambahnya utang, baik utang lancar maupun utang jangka panjang merupakansumber dana. Bertambahnya utang berarti adanya tambahan dana yang diterima oleh bank yang bersangkutan.
4.    Bertambahnya modal.
Bertambahnya modal misalnya disebabkan karena adanya emisi saham baru, dan hasil penjualan saham baru itu merupakan sumber dana.
5.    Adanya keuntungan dari operasinya bank.
Apabila bank mendapatkan keuntungan neto darioperasinya berarti bahwa ada tambahan dan bagi bank yang bersangkutan.
Perubahan-perubahan yang efeknya memperkecil dana/ Kas, ini disebut sebagai penggunaan dana adalah sebagai berikut :
1.    Bertambahnya aktiva lancar selain Kas.
Bertambahnya aktiva lancar dapat terjadi karena pembelian barang dan pembelian barang membutuhkan dana. Dengan demikian penambahan aktiva lancar merupakan penggunaan dana.
2.    Bertambahnya aktiva tetap.
Bertambahnya aktiva tetap bruto dapat terjadi karena adanya pembelian aktiva tetap, dan pembelian aktiva tetap merupakan penggunaan dana.
3.    Berkurangnya setiap jenis utang.
Berkurangnya utang, baik utang lancar maupun utang jangka panjang dapat terjadi karena bank telah mlunasi atau mengangsur utangnya. Pembayaran kembali utang berarti penggunaan dana.
4.    Bertambahnya modal.
Berkurangnya modal dapat terjadi karena pemilik bank mengambil kembali atau mengurangi modal yang tertanam dalam bank. Berkurangnya modal berarti berkurangnya dana. Ini berarti bahwa pengurangan modal itu merupakan penggunaan dana.
5.    Pembayaran cash dividend.
Pembayaran cash dividend jelas meupakan penggunaan dana. Cash dividend dibayarkan dari keuntungan neto sesudah pajak.
6.    Adanya kerugian dari operasinya bank.
Timbulnya kerugian selama periode tertentu dapat disertai dengan berkurangnya aktiva atau bertambahnya utang. Sebenarnya bertambahnya utang merupakan sumber dana, tetapi dengan adanya kerugian, tambahan dana tersebut digunakan untuk menutup kerugian. Dengan demikian maka adanya kerugian merupakan penggunaan dana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar