Minggu, 17 Februari 2013

Strategi Penetapan Segmentasi Pasar


Menurut Nitisemito (2000:28), bahwa strategi penetapan segmentasi pasar adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur segmentasi pasar dan faktor produksi yang dikenakan guna mencapai tujuan perusahaan. Kemudian oleh Swastha (2000:237), menyatakan bahwa strategi penetapan segmentasi pasar adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari strategi penetapan segmentasi pasar perusahaan, yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Kegiatan-kegiatan yang dimaksud dalam pengertian tersebut adalah termasuk keputusan-keputusan dalam empat variabel yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi.
Selanjutnya oleh Sunawiharja (2001:146), menjelaskan bahwa strategi penetapan segmentasi pasar sebagai berikut
1.      Mempertimbangkan kenaikan harga
Jika permintaan relative inelastic, maka suatu kenaikan harga jual akan meningkatkan hasil penjualan. Dalam hat ini volume penjualan akan mempengaruhi biaya-biaya variabel pada suatu tingkat penjualan  tertentu.
2.      Mempertimbangkan suatu pengurangan ukuran atau isi dari kemasan. Pengurangan ini akan mengurangi biaya variabel pada suatu tingkat penjualan tertentu.
3.      Mempertimbangkan desain baru
Biaya desain ini dapat dibebankan pada riset pemasaran, sedangkan biaya pembuatan kemasan baru lebih mahal, maka dapat dibebankan sebagai biaya variabel.
4.      Mempertimbangkan perubahan kualitas atau karakteristik produk. Jika biaya bahan lebih mahal maka biaya variabel persatuan akan naik. Di samping itu budget riset pemasaran juga akan naik, yaitu pada biaya pengujian.
5.      Mempertimbangkan untuk mencari-cari cara penurunan biaya distribusi dan pengiriman.
6.      Mempertimbangkan perubahan pengeluaran-pengeluaran untuk riset pemasaran.
7.      Kebebasan terbesar bagi manajer produksi dalam perencanaan adalah contribution margin.
Sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Nitisemito, oleh Kotler (2005, 58), menyatakan bahwa strategi penetapan segmentasi pasar adalah perangkat variabel-variabel segmentasi pasar terkontrol yang perusahaan gabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkannya dalam target pasar atau dengan kata lain merupakan istilah yang menggambarkan seluruh unsur segmentasi pasar dan faktor produksi yang dikenakan guna mencapai tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar