Rabu, 13 Februari 2013

Perputaran (Aliran) Dana (AKUNTANSI)


Implementasi pemisahan kas (uang) yang ada pada bank dengan kas (uang) yang ada pada perusahaan tersebut tidak hanya dalam rangka penyajiannya di dalam laporan keuangan (neraca dan laporan rugi laba) melainkan juga dalam hal penyelenggaraan pencatatan selama periode akuntansi yang sedang berjalan.
      Berdasarkan cara tersebut maka untuk menampung atau mengakomodasi transaksi-transaksi yang berhubungan dengan kas di dalam perusahaan, maka pihak manajemen perusahaan menyelenggarakan rekening-rekening pembukuan. Menurut Hernanto   (2002 : 21) rekening-rekening pembukuan tersebut terdiri dari:
1)    Kas, yaitu digunakan untuk menampung transaksi-transaksi penerimaan dan pengeluaran secara tunai melalui bank.
2)    Kas kecil, yaitu merupakan sejumlah dana (uang) yang dibentuk atau dipersiapkan khusus untuk kepentingan tertentu termasuk pengeluaran-pengeluaran yang bersifat rutin dan relatif kecil pada setiap saat.
3)    Selisih Kas, yaitu digunakan untuk menampung perbedaan jumlah fisik kas (yang ada dalam perusahaan) menurut hasil kas opname dengan jumlah kas menurut catatan pembukuan sementara sebelum penyebab terjadinya perbedaan itu dapat diketahui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar