Selasa, 05 Februari 2013

Penggunaan Modal Kerja


Analisa atau sumber penggunaan dana (modal Kerja) sering juga disebut analisa aliran dana. Adapun maksud utama diadakannya analisa sumber dan penggunaan modal kerja adalah untuk mengetahui bagaimana kebutuhan modal kerja dibelanjai (sumber-sumber modal kerja) bagaimana modal kerja tersebut digunakan (penggunaan modal kerja). Suatu laporan yang menggambarkan datangnya modal kerja dan untuk apa modal kerja itu digunakan disebut laporan sumber dan penggunaan modal kerja.
Tujuan sumber dan penggunaan dana modal kerja adalah untuk menilai perubahan-perubahan yang mempengaruhi modal kerja perusahaan.
Menurut Bambang Riyanto (1998 : 353) sumber dan penggunaan modal kerja itu terdiri dari:
a.    sumber-sumber modal kerja:
1.    Berkurangnya aktiva tetap.
2.    Bertambahnya hutang jangka panjang (LTD)
3.    Bertambahnya modal
4.    adanya Keuntungan dari Operasi perusahaan
b.    penggunan Modal kerja:
  1. Bertambahnya aktiva tetap
  2. Berkurangnya hutang jangka panjang.
  3. Berkurangnya modal.
  4. Pembayaran Cash Deviden
  5. Adanya Kerugian dalam Operasi perusahaan.
Laporan sumber dan penggunaan modal kerja sangatlah penting artinya baik terhadap manajer keuangan maupun terhadap pihak luar yang akan menanamkan modalnya. Pentingnya analisa aliran modal kerja bagi pihak manajer keuangan untuk mengetahui kemajuan perusahaan yang telah dicapai dari waktu kewaktu. Sedangkan bagi para pihak luar seperti para kreditur hal ini penting karena mereka dapat melihat permintaan kredit yang diajukan kepadanya, yaitu dengan menilai kemampuan perusahaan akan membayar bunga atau mengembalikan pinjamannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar