Senin, 04 Februari 2013

Pengertian Sales Marketing


Fungsi seorang sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjual produk, oleh karena itu seseorang sales harus memiliki kemampuan  untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang yang berhubungan  langsung dengan produk tersebut. Kemampuan untuk berkomunikasi ini sangat diperlukan dan harus disesuaikan dengan waktu, tempat dan karakter orang yang  ditemui. Hal ini akan sangat terasa sekali apabila terjadi masalah yang  menyebabkan seorang sales harus menghadapi lebih dari satu orang dengan beragam keinginan pula.
Cara penyampaian yang baik mutlak diperlukan agar setiap orang tidak merasa dirugikan dan masalah dapat terselesaikan dengan baik.Berkomunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara tergantung kondisi dan situasi yang dihadapi pada saat itu. Yang terpenting adalah bagaimana agar maksud dan tujuan yang diharapkan dapat dimengerti oleh orang bersangkutan.
Menurut Refrinal dalam artikelnya yang berjudul, Sustainable Brand, Sustainable Sales, Sustainable People & Sustainable Competitive Advantadge yang diakses pada http: //refrinal. blogs. Friendster .com/ refrinal/sustainable/html, diakses tanggal 4 Juli 2008,  Sales Marketing  jika diartikan secara harfiah adalah penjualan dan pemasaran, kedua kata ini nyaris diartikan sama, hampir tanpa pembeda sama sekali karena orientasinya adalah pada omset. Sales (penjualan)  adalah sekelompok aktivitas orang (salesman) yang menjalankan efek langsung dari pekerjaan marketer. Ketika transaksi itu telah menjadi transaksi yang berkelanjutan (sustainable of transactions) dan menghasilkan permintaan yang terus menerus (continuesly of demand), maka pekerjaan distribusi, termasuk delivery akan didelegasikan pada sekelompok tenaga penjualan (Salesman). Namun bukan berarti salesman itu hanya dibekali pengetahuan ‘bagaimana mendelivery-kan’ produk, mereka juga harus diberi pengetahuan dasar tentang product knowledge dan menjaga kepuasan disepanjang jalur distribusi itu, dengan memperhatikan call, effective call, drop size, dan lain sebagainya. Nah hal-hal ini yang menjadi pemikiran di perusahaan , menggabungkan pekerjaan marketing dan sales. Namun yang membedakannya adalah, seorang marketer bisa menjalankan fungsi-fungsi salesman sekaligus, namun sebaliknya seorang salesman belum tentu dapat mengemban fungsi sekaligus sebagai seorang marketing. Lebih jelasnya dikatakan bahwa yang dimaksud dengan sales marketing adalah suatu bagian (departemen) yang bertugas sebagai pemasar sekaligus sebagai penjual, dikatakan sebagai sales (penjual) karena mereka bertanggung jawab terhadap :
1.       Proses meyakinkan konsumen bahwa produk-produk itu adalah apa yang dikehendaki oleh mereka (manajemen merek).
2.       Menyalurkannya dari pembuatan ke tempat pemakaian (distribusi),
3.       Melakukan penjualan (manajemen penjualan) dan
4.       Mengajak lewat komunikasi (pengiklanan)
Sedangkan dikatakan sebagai marketer (Marketing) karena merakalah yang bertanggung jawab terhadap :
1.    Mencari fakta-fakta (riset pasar)
2.    Membuat peramalan dan penelitian (forecasting)
3.    Menjalankan perubahan-perubahan yang terjadi akibat penelitian (pengembangan poduk baru).
4.    Memutuskan tentang kuantitas (penyusunan anggaran).
5.    Memutuskan dengan harga berapa barang dijual dan dengan keuntungan berapa (kebijakkan penentapan harga).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar