Selasa, 05 Februari 2013

Pengertian Rasio Profitabilitas


Mengukur prestasi perusahaan maka rasio profitabilitas merupakan salah satu alat yang digunakan oleh para manajer. Rasio profitabilitas juga akan memberikan gambaran efisiensi atas penggunaan dana.
Menurut Alex S. Nitisemito dalam bukunya Pembelanjaan Perusahaan, menyatakan bahwa rasio profitabilitas adalah suatu rasio keuangan yang mengukur kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dengan sejumlah modal tertentu. Selain itu, rasio tersebut dapat memberikan gambaran tentang kontrol perusahaan dalam pengambilan keputusan keuangan.
Bambang Riyanto dalam bukunya Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, menyatakan bahwa rasio profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.
Dari batasan tersebut rasio profitabilitas adalah perbandingan dari laba yang diperoleh dengan jumlah atau laba dengan investasi yang ada, juga dapat dikatakan kemampuan untuk mencapai keuntungan tertentu sebagai akibat dari kebijaksanaan dan keputusan atas penggunaan dana dalam perusahaan sehingga efisiensi dalam perusahaan dapat dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar