Sabtu, 09 Februari 2013

Pengertian Pembelanjaan


       Perkembangan Pembelanjaan dalam perusahaan dapat berubah-ubah setiap saat harus mengikuti sesuai dengan perkembangan perusahaan dalam dunia bisniss. Dalam mempelajari keadaan pembelanjaan pada saat ini, kita harus melihat latar belakang untuk mengetahui sejarah pemikiran dan praktek pembelanjaan. Perspektif sejarah sejaumana untuk mengerti mengapa praktek-praktek pembelanjaan yang sekarang terjadi seperti yang kita lihat. Pengkajian sejarah juga akan membantu kita untuk melihat kemungkinan-kemungkinan adanya perkembangan di masa yang akan datang.    
      Salah satu fungsi pembelanjaan perusahaan yaitu bagaimana usaha untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan cara yang menguntungkan dan juga bagaimana menggunakan dana yang ada secara efektif dan efisien di dalam perusahaan.
      Untuk memperoleh pengertian yang lebih jelas mengenai pembelanjaan perusahaan, sdebaiknya terlebih dahulu kita menelaah tentang pengertian pembelanjaan sebagaimana yang diperhadapkan  kepada berbagai persoalan yang menyangkut masalah keputusan di bidang keuangan.
      Mengenai fungsi fungsi pembelanjaan perusahaan menurut James  Van Horne (2003 : 11) mengemukakan bahwa the function of finance can be broken down into the three major decisions the firm must make the investment decision, the financing decision and the devidend decision. Each mush beconsidered in relation to objective of the firm.
       Definisi tersebut dimaksudkan bahwa fungsi pembelanjaan perusahaan mencakup tiga jenis pengambilan keputusan, yaitu pengambilan keputusan investasi (investment decision), keputusan pembelanjaan (financing decision) dan keputusan mengenai kebijaksanaan deviden (dividend decision).
      Selanjutnya Pearson Hunt, (2000 : 3) juga membahas tentang fungsi pembelanjaan perusahaan dengan menitik beratkan pada hubungannya dengan pengambilan keputusan mereka berpendapat bahwa pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada perusahaan tentu mempunyai analisa dan pertimbangan-pertimbangan berdasarkan dari laporan keuangan perusahaan.
      Dengan demikian, dari pengertian tersebut bahwa fungsi pembelanjaan perusahaan  adalah masalah yang utama perusahaan dalam usahanya untuk mencapai sasaran/ tujuan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar