Selasa, 05 Februari 2013

PENGERTIAN PEMASARAN


Jika perniagaan adalah perdagangan, maka perdagangan merupakan jantung daripada marketing. Perdagangan itu terjadi karena adanya :
1.    Kelebihan hasil yang dapat dihasilkan oleh seseorang atau daerah,
2.    Keinginan manusia ternyata lebih banyak dari yang dihasilkannya,
3.    Kemajuan dalam bidang perusahaan kecil menjadi besar,
4.    Kemajuan teknik dan cara-cara menghasilkan sesuatu barang menjadi lebih maju
5.    Kelebihan hasil akibat kemajuan teknik dan besarnya perusahaan-perusahaan,
6.    Masalah atas kelebihan hasil, tentang bagaimana cara memasarkan barang-barang.
      Yang dikemukakan diatas menimbulkan konsep-konsep marketing. Dari konsep marketing ini timbullah proses-proses atau suatu tindakan (aksi) perdagangan. Proses pemasaran barang demikian ini disebut marketing. Marketing atau pemasaran adalah “keseluruhan dari kegiatan-kegiatan dari tindakan yang ditujukan pada usaha untuk memasarkan sesuatu barang selesai atau barang jadi”. Karena pemasaran itu tidak terbatas pada barang jadi saja, juga barang-barang dasar, maka proses marketing itu ternyata lebih luas, yaitu mulai dari barang yang baru belum jadi hingga barang itu sampai di pasar dan di tangan konsumen. Tujuan memasarkan barang sebenarnya adalah :
1.    Mencari atau menyampaikan barang ketangan konsumen
2.    Usaha untuk memperbesar omset penjualan dan laba
3.    Menarik langganan baru dan menarik langganan.
 Maridjo (2001;14) Mengatakan “Pemasaran adalah upaya untuk mengetahui atau menciptakan keinginan atau mengetahui kebutuhan konsumen” keinginan dan kebutuhan konsumen beraneka ragam dan setiap saat dapat berubah. Pengusaha berkepentingan untuk menyediakan barang dan jasa yang menjadi kebutuhan konsumen
Pemasaran merupakan cara menyampaikan barang dan /jasa yang dibutuhkan pembeli dan pembeli merasa puas. Dari pengertian sederhana ini maka pemasaran menyangkut tiga hal yaitu pembeli, kebutuhan, dan kepuasan. Pengusaha harus melihat dan memperhatikan brang atau jasa yang akan ditawarkan itu dibutuhkan pembeli atau setidak-tidaknya ada pembeli yang membutuhkan . setelah itu dilanjutkan dengan upaya agar pembeli bersedia membeli dan pembeli merasa puas. Apabila pembeli merasa puas ia akan kembali lagi untuk membeli dan memberitahukan kepuasaanya kepada orang lain, kepada teman atau keluarganya.
Pemasaran adalah proses penjualan dari tempat usaha sampai ke pembeli. Permasalahan pemasaran meliputi lokasi penjualan Penentuan harga, distribusi, promosi, penelitian pasar dan lain lain. Dalam pemasaran harus diupayakan agar produk cepat sampai kepada pembeli dengan harga yang layak, mutu yang baik dan pelayanan yang memuaskan. Kepuasan pelanggan merupakan promosi yang jitu karena disamping pembeli akan kembali, juga akan memberitahukan kepuasannya kepada keluarga dan kenalan, bila pelayanan kurang pembeli akan beralih ke tempat lain.  
Suharno (2007;36) mengatakan “Nyawa dari suatu usaha adalah pemasaran. Sebagus apapun produk yang akan anda pasarkan, jika produk itu tidak laku , tidak adanya artinya bagi perusahaan Anda” Pemasaran bukan hanya menjual semata. Ujung kegiatan pemasaran adalah transaksi penjualan. Kegiatan pemasaran tidak hanya menawarkan produk ke calon pembeli, tetapi pemasaran juga menetapkan jenis-jenis produk yang tepat untuk sasaran konsumen,menetapkan harga, menetapkan sistem distribusinya dan juga kiat promosinya. Dalam dunia pemasaran, kegiatan tersebut disebut sebagai ramuan pemasaran (Marketing Mix).
Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa pemasaran ialah suatu kegiatan peralihan barang dari produsen ke konsumen melalui mekanisme, strategi, dan syarat tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar