Jumat, 08 Februari 2013

Pengertian Pemasaran dan Fungsi Pemasaran


1. Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Sehingga sejak orang mengenal kegiatan pemasaran telah banyak defenisi-defenisi pemasaran yang dikemukakan.
7
 
Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian dari pemasaran seperti yang dikemukakan oleh. Suparno dalam bukunya Marketing Profesional (2004:1) Pemasaran merupakan sebuah tonggak / pilar dari kemajuan sebuah perusahaan, karena dengan adanya seorang marketing sebuah perusahaan akan berjalan dengan dinamis dan aktif. Sedangkan menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam bukunya Dasar-dasar Pemasaran (2007:7) Pemasaran adalah Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok  memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan pihak lain. Dan menurut Radiosunu dalam bukunya Manajemen Pemasaran (2001:2) menyatakan bahwa Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha memuaskan keinginana dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Menurut Sofyan Assauri dalam bukunya Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis (2001:2) Menyatakan Bahwa, Pemasaran adalah untuk menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa tepat pada orang, pada tempatnya, dan waktu serta harga yang tepat dengan promosi dan komunikasi yang tepat.
Pengertian diatas menerangkan bahwa pamasaran adalah jauh lebih luas daripada penjualan. Pemasaran mencangkup usaha perusahaan yang dumulai dengan mengidentifisier kebutuhan konsumen yang perlu dipenuhi, menentukan produk yang perlu diproduksi, menentukan harga yang sesuai, menentukan cara-cara promosi dan penyaluran / penjualan produk.
Berdasarkan pengertian diatas sebagaimana yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa pemasarn adalah kegiatan yang mencangkup penilaian kebutuhan dan kegiatan konsumen, penelitian pemasaran dan pengenalan pasar.tepat apabila dikatakan bahwa pemasaran merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yang diarahkan kepada pemuasan dan pemenuhan keinginan orang atau pihak lain melalui proses pertukaran.
2. Fungsi-Fungsi Pemasaran
Pada sebuah perekonomian pasar, sedikitnya ada enam buah fungsi yang memenuhi kriteria untuk dinyatakan sebagai “FUNGSI PEMASARAN” adapun kriteria sebagai berikut:
1.    Fungsi yang bersangkutan harus intern dengan situasi-situasi pemasaran ekonomi (mencapai laba) dan social.
2.    Fungsi tersebut harus dapat dilaksanakan oleh para pembeli maupun oleh para penjual.
Keenam buah fungsi pemasaran adalah :
1.    Analisis pasar
2.    komunikasi pemasaran
3.    Diferensiasi produk
4.    Segmentasi pasar
5.    Penilaian
6.    Pertukaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar