Selasa, 05 Februari 2013

Pengertian Manajemen Keuangan


1  Pengertian Manajemen Keuangan
Pengertian manajemen keuangan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan dan tujuan yang hendak dicapai. Manajemen keuangan merupakan fungsi yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi lainnya dalam suatu perusahaan, seperti fungsi pemasaran, fungsi produksi dan fungsi personalia karena manajemen keuangan merupakan fungsi yang bertanggung jawab pada masalah kelangsungan hidup perusahaan serta bagaimana mendapatkan dan mengalokasikan dana perusahaan secara efisien dan efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Berdasarkan hal tersebut di atas dan melihat perkembangan dunia usaha dewasa ini, maka banyak perusahaan baik yang dikelolah oleh pemerintah maupun swasta yang bergerak diberbagai bidang usaha selalu memberi perhatian yang lebih besar terhadap masalah keuangan perusahaan, khususnya pengelolaan sumber dan penggunaan dana.
7
 
Untuk memberikan batasan mengenai pengertian manajemen keuangan, maka terlebih dahulu harus diketahui fungsi dan tugas manajemen keuangan. Berikut ini beberapa batasan yang dikemukakan oleh penulis, antara lain:
Selanjutnya Horne dan Wachowicz, yang diterjemahkan oleh Sutojo (1997:2) mengemukakan bahwa : “Manajemen keuangan adalah segala aktivitas berhubungan dengan perolehan, pendanaan, dan pengelolaan aktiva dengan beberapa tujuan menyeluruh ”.
Sedangkan menurut Husnan dan Pudjiastuti (1998:4) bahwa : “Manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis dan pengendalian kegiatan keuangan”.
Dari beberapa batasan yang dikemukakan oleh penulis-penulis tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian dan fungsi manajemen keuangan adalah berhubungan dengan bagaimana seorang manajer mampu mengelola suatu perusahaan dalam mendapatkan dana serta mengalokasikan dana secara efektif dan seefisien  sehingga tujuan perusahaan tercapai.
Pada prinsipnya manajemen perusahaan menuntut agar baik dalam memperoleh maupun dalam menggunakan dana harus didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas. Dengan demikian maka pembelanjaan perusahaan atau manajemen keuangan tidak lain adalah manajemen untuk fungsi-fungsi pembelanjaan. Dalam pengertian manajemen terkandung fungsi perencanaan, pengarahan dan pengendalian. Berhubung dengan itu maka perlu ada perencanaan dan pengendalian yang baik dalam menggunakan maupun dalam pemenuhan kebutuhan dana.
Dari uraian diatas maka pada dasarnya dapat dikatakan bahwa fungsi pembelanjaan dalam perusahaan meliputi:
a.  Fungsi menggunakan atau mengalokasikan dana yang dalam pelaksanaannya   manajer keuangan harus mengambil keputusan pemilihan alternatif investasi atau keputusan investasi, dan
b.      Fungsi memperoleh dana atau fungsi pendanaan yang dalam pelaksanaannya manajer keuangan harus mengambil keputusan pemilihan alternatif pendanaan atau keputusan pendanaan.
Berdasarkan konsep yang dikemukakan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan adalah kegiatan yang menyangkut fungsi keuangan atau pendanaan pada perusahaan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus