Senin, 04 Februari 2013

Pengertian Kinerja Keuangan


Bambang Rianto dalam bukunya dasar-dasar pembelanjaan perusahaan (1998:253) mengatakan bahwa kinerja keuangan adalah suatu kegiatan untuk melakukan kegiatan pelaporan keuangan menurut standar keuangan yang telah ditetapkan.
Menurut Janes C. Horne (1998:9) dalam bukunya Finance management policy mengatakan bahwa kinerja kuangan adalah merupakan ukuran prestasi perusahaan maka keuntungan adalah merupakan salah satu alat yang digunakan oleh para manajer. Kinerja keunagan juga akan memberikan gambaran efisiensi atas pengunaan dana mengenai hasil akan memperoleh keuntungan dapat dilihat setelah membandingkan pendapatan bersih setelah pajak.
Sedangkan menurut Inryo (1999:207) dalam bukunya Manajemen Keuangan mengatakan bahwa kinerja keuangan adalah merupakan prestasi keuangan yang dicapai oleh perusahaan dalam priode tertentu.
Erwan Dukat (1999:113) dalam bukunya alat-alat analisa laporan keuangan mengarakan bahwa kinerja keuangan apat diukur dengan keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan kebijakan deviden yang menguntungkan sampai perusahan mampu mejunjukan adanya suatu kenaikan modal yang stabil.
Menurut Alex S. Nitisemito (1995:13) dalam bukunya pembelanjaan peruasahaan mengatakan bahwa kinerja keuangan merupakan kegiatan perusahaan yang ditujukan untuk mendapatkan dan mengunakan modal dengan cara yang efektif dan efisien.
Dengan melihat dari beberapa pengertian yang dikemukakan oleh parah ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan adalah suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam mengukur prestasi perusahaan dan mengunakan modal secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar