Jumat, 08 Februari 2013

Pengertian Kebijaksanaan Harga


Kebijaksanaan penetapan harga adalah merupakan salah satu unsur yang terpenting dan utama bagi perusahaan dalam menentukan atau melaksanakan strategi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Di mana harga suatu barang merupakan penghubung antara pembeli (konsumen) dengan pihak penjual (produsen) yang turut menentukan terjadinya transaksi pembelian, dan juga harga merupakan ukuran panting untuk mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu barang dan jasa laku di pasaran.
Menurut George A. Steiner Dan John B. Miner dalam bukunya Kebijakan Dan Strategi Manajemen (1997;22) Kebijaksanaan umumnya dianggap sebagai pedoman untuk bertindak atau saluran untuk berpikir. Secara lebih khusus kebijaksanaan adalah pedoman untuk melaksanakan suatu tindakan.
Kebijaksanaan biasanya berlangsung lama, nyatanya kebijaksanaan cendrung untuk berlaku terlalu lama tanpa peninjauan dan penyempurnaan. Sampai batas tertentu kebijaksanaan pada umumnya dirumuskan pada pandangan jauh ke depan. Kebijaksanaan mengarahkan tindakan untuk mencapai sasaran atau tujuan. Kebijaksanaan menjelaskan bagaimana cara pencapaian tujuan dengan menentukan petunjuk yang harus diikuti. Kebijaksanaan ini dirancang untuk menjamin konsistensi tujuan dan untuk menghindari keputusan yang berwawasan sempit dan berdasarkan kelayakan.
Kebijaksanaan perusahaan dapat didefinisikan sebagai pernyataan keinginan dan kehendak manajemen untuk mengatur kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Prof. S. H. Rewoldt, Prof. J. D. Scott, Dan Prof. M. R. Warshaw lebih di jelaskan lagi dalam bukunya Strategi Harga Dalam Pemasaran (2002:45), menyebutkan kebijaksanaan harga itu adalah instrumen promosi dan hendaklah dianggap sebagai alat perusahaan untuk melaksanakan strategi pemasaran yang menyeluruh. Kebijaksanaan harga itu mengubah harga ataupun mempertahankan harga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar