Jumat, 08 Februari 2013

Pengertian jasa dan Jenis-jenis Jasa


1. Pengertian Jasa
 Menurut Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2000:204) menyatakan bahwa Jasa adalah sesuatu yang dapat diidentifikasikan secara terpisah tidak berwujud, ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau suatu kegiatan okonomi yang outputnya bukan produk dikonsumsi bersama dengan waktu produksi dan memberikan nilai tambah (seperti kenikmatan,hiburan,santai,sehat) bersifat tidak berwujud.
2. Jenis-Jenis Jasa
Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2000:208) mengemukakan Jenis-jenis jasa yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a.         personalized services
Jasa ini sangat bersifat personal, yang tdak dapat dipisahkan dari orang yang menghasilkan jasa tersebut. Oleh sebab itu pelayanannya harus langsung ditangani sendiri oleh produsennya. Pemakaian perantara dalam hal ini tidak praktis. Saluran distribusinya adalah sangat pendek, karena penjualan langsung adalah yang paling tepat.
b.         financial Services
financial Services terdiri dari :

1.     Banking services ( Bank )
2.      Insurance services ( asuransi )
3.      Investment securities ( Lembaga penanam modal )
c.         Public utility and transportation services
perusahaan Public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari :
1.       Konsumen local
2.       Perkantoran dan Perdagangan
3.       Industri
4.       Pemda
Sedangkan dalam transportation services ialah meliputi : angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan di sini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang
d.         Entertainment
Orang yang mempunyai usaha ini bias memperoleh pendapatan yang besar karena mereka bias mempengaruhi masyarakat, melalui advertising.Yang termasuk ke dalam kelompok ini ialah : usaha-usaha dibidang olah raga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan dan usaha-usaha hiburan lainnya
e.         Hotel services
Hotel bukan merupakan suatu objek pariwisata melainkan merupakan salah satu sarana dalam bidang kepariwisataan, maka dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan bersama dengan tempat-tempat rekreasi, hiburan, travel biro, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar