Senin, 04 Februari 2013

Pengertian Bauran Promosi


Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang sangat penting. Dalam strategi promosi juga terdapat kombinasi dari berbagai macam media promosi dengan tujuan untuk memaksimalkan pencapaian target pasar, sebagaimana yang dikatakan Basu swastha dalam bukunya manajemen penjualan (1998:228), bauran promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variable-variabel periklanan, personal selling dan alat promosi lainnya yang kesemuanva direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Sedangkan menurut Widjajono Moestadjab dalam bukunya salesman ship (1997:82) defenisi promotional mix (bauran pemasaran) adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variable-variabel personal selling,ik!an,publikasi dan promosi penjualan lainnya (pameran.potongan harga, hadiah,dan sebagainya) yang diantaranya saling mempengaruhi dalam usaha untuk mencapai tujuan akhir yaitu perijualan yang berkesinambungan".
Berdasarkan kedua defenisi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa bauran promosi adalah merupakan perangkat atau variable-variabel promosi yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan-perusahaan untuk memperkenalkan produknya agar dapat mempengaruhi sehingga tujuan perusahaan tercapai.
Selanjutnya Rismiati dan Suratno dalam bukunya pemasaran barang dan jasa, .(2001:255), pada dasarnya variable-variabel dalam promotion mix ada empat yaitu:
1.  Periklanan
Merupakan bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
2.  Personal selling
Merupakan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan.
3.  Publisitas
Merupakan pemberitaan secara komersial di media massa atau sponsor secara non pribadi dengan tujuan untuk mendorong permintaan atas produk, jasa atau ide perusahaan
4.  Promosi Penjualan
Merupakan kegiatan pemasaran selain periklanan, personal selling dan publisitas yang mendorong pembelian barang oleh konsumen. Kegiatan promosi  penjualan  diantaranya   pameran,   peragaan.demonstrasi,   dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar