Sabtu, 09 Februari 2013

Pelaporan Biaya Dalam Akuntansi Pertanggungjawaban


      Sistem akuntansi pelaporan dalam pertanggungjawaban merupakan sistem pengolahan informasi atas biaya dengan cara menggolongan, mencatat dan meringkas biaya sesuai dengan pusat pertanggungjawaban yang bertanggungjawab untuk pengendalian biaya.
      Prosedur pengumpulan data biaya yang terjadi dalam akuntansi pertanggungjawaban yang dikutip oleh Mulyadi (2003 : 231), sebagai berikut :
1.   Atas dasar dokumen sumber, dicatat setiap jenis biaya ke dalam buku pembantu biaya (cost subledger). Dalam kartu biaya digolongkan jenis biaya dan pertanggungjawaban yang bersangkutan. Buku pedoman biaya merupakan alat distribusi biaya untuk keperluan sistem akuntansi dalam pertanggungjawaban.
2.  Secara periodik (misalnya sebulan sekali) biaya yang dicatat dalam buku pembantu biaya dijumlah dan disajikan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban.
      Pengendalian biaya di dalam sistem akuntansi terhadap pertanggung jawaban dilakukan dengan cara menghubungkan tiap-tiap biaya dengan manajer yang bertanggung jawab atas biaya-biaya. Oleh karena itu, pada tahap pertama semua jenis biaya yang terjadi dikumpulkan menurut pusat untuk pertanggungjawaban berbagai jenjang dalam organisasi    perusahaan. Atas dasar pengumpulan biaya-biaya dapat  disajikan laporan pertanggungjawaban.    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar