Kamis, 28 Februari 2013

Metode Pelaksanaan Antrian


Pelaksanaan antrian harus mempunyai metode tersendiri agar  nasabah yang  antri  mempunyai  kesadaran yang  harus tabah dan sabar menunggu giliran, sebab metode pelaksanaan antrian sudah disusun dengan rapi.
      Karakteristik antrian (input sources) ialah semua pihak yang datang pada tempat pelayanan untuk memperoleh pelayanan (konsumen atau pengguna jasa). Misalnya pasien yang datang ke rumah sakit untuk memperoleh pelayanan medis dengan baik, mobil-mobil  yang sedang menunggu dilayani di pompa  bensin, para  konsumen  pengguna jasa  angkutan laut  datang ke loket untuk memperoleh tiket kapal penumpang dan konsumen yang datang ke loket pegadaian untuk mendapat­kan kredit dalam bukunya Pendekatan-Pendekatan Masalah Antrian  ( G. Schroeder  2001 : 112) untuk pelaksanaan metode antrian sebagai berikut :
1.  Populasi  terbatas ( finite population ) ialah  populasi yang jumlahnya terbatas atau dapat diperkirakan sebe­lumnya. Sebagai contoh mesin-mesin rusak di suatu pabrik dengan jumlah tertentu.
2.   Populasi tidak terbatas ( infinite  population ) ialah sumber kedatangan yang jumlahnya tidak menentu atau tidak ada batasnya, seperti pengunjung suatu pasar swalayan yang akan membayar di counter pembayaran, berarti perkiraan fasilitas tempat sulit dipradiksi, tingkat kedatangan pengunjung.
Demikian pula J. Krajeweki dan Ritzman (1997, B4-B5) dalam kaitannya dengan populasi tidak terbatas menjelas­kan bahwa jumlah populasi yang tidak terbatas tidak saling mempengaruhi satu sama lain. atau dengan kata lain tingkat kedatangan konsumen tidak dipengaruhi  oleh sistem pelayanan.                        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar