Minggu, 17 Februari 2013

Manfaat Segmentasi Pasar


Dengan menyatukan program-program pemasarannya kepada segmen-segmen yang akan dituju, manajemen dapat menggunakan sumber-sumber pemasaran dengan lebih efisien dengan kegiatan pemasaran yang lebih baik lagi. Segmentasi pasar dapat membantu manajemen dalam hal :
1.    Dapat membedakan adanya segmen-segmen pasar.
2.    Mengetahui sifat-sifat atau daya tarik masing-masing segmen.
3.    Mengidentifikasi dan menyalurkan uang dan usaha ke pasar/segmen yang potensinya paling besar.
4.    Dapat mengembangkan produk yang tepat, yang dapat memenuhi permintaan pasar.
5.    Menyesuaikan harga, saluran distribusi dan periklanan bagi masing­masing target pasar dengan efisien.
6.    Menentukan cara-cara promosi yang paling efektif bagi perusahaan.
7.    Memilih media advertensi yang lebih baik dan menentukan bagaimana mengalokasikan anggaran secara lebih baik ke berbagai macam media.
8.    Mengatur waktu sebaik-baiknya dalam usaha promosi.
9.    Memenuhi kebutuhan dan keinginan (memberi pelayanan kepada) konsumen dengan lebih baik, Catur (2001:90).
Kemudian menurut Lupiyoadi (2001:36), dalam melakukan segmentasi setidaknya ada lima manfaat yang dapat diperoleh, yaitu :
1.  Mendesain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.
2.  Menganalisis pasar.;
3.  Menemukan peluang.
4.  Menguasai posisi yang unggul (superior) dan kompetitif.
5.  Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar