Kamis, 07 Februari 2013

Laporan Keuangan


Menurut Dale and Fredeck (1962:1) :

Akuntansi adalah ketrampilan dalam mengumpulkan, menganalisa, mencatat, mengikhtisarkan, menyajikan dan menafsirkan data keuangan dan operasi, dalam satuan uang, untuk dimanfaatkan oleh management maupun pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan

            Menurut Rahardjo (2000:18) bahwa :
Laporan pertanggung jawaban manajer atau pemimpin perusahaan atas pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepadanya  kepada pihak-pihak luar perusahaan; yaitu pemilik perusahaan, pemerintah, kreditor, dan pihak lainnya yang berkepentingan.

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, Anonim (2002:2) : “Laporan keuangan meliputi neraca, laporan rugi laba, laporan perusahaan posisi keuangan, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan”.

Selanjutnya Ikatan Akuntansi Indonesia, Anonim (2002:4) bahwa :
a.       Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.
b.      Laporan keuangan disusun untuk memenuhi kebutuhan bersama oleh sebagian besar pemakainya, yang secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu.
c.       Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang dilakukan manajemen (stewardship) atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.


Laporan keuangan dipersiapkan atau dibuat dengan maksud memberikan gambaran atau laporan kemajuan secara periodik yang dilakukan oleh pihak manajemen yang bersangkutan.
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan pada terdiri dari 3 laporan utama yaitu (a) neraca, (b) laporan perhitungan laba rugi dan (c) laporan arus kas.
Menurut Munawir (2002:13) neraca adalah “laporan sistematis tentang aktiva, hutang, serta modal dari suatu perusahaan pada suatu saat tertentu”. Selanjutnya laporan laba rugi menurut Munawir (2002:26) adalah “merupakan laporan sistematis tentang penghasilan, biaya laba rugi yang diperoleh oleh suatu perusahaan selama periode tertentu”  Menurut Keown (2001:85) laporan arus kas adalah “merupakan laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas untuk jangka waktu tertentu”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar