Minggu, 17 Februari 2013

Konsep segmentasi Pasar


Menurut Assauri (2000:3), menyatakan bahwa konsep segmentasi pasar adalah prestasi kerja yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian ini menyiratkan bahwa konsep segmentasi pasar merupakan proses kegiatan yang mulai sebelum bahan-bahan/barang-­barang masuk ke dalam proses produksi. Keputusan segmentasi pasar yang hares dibuat jauh sebelum produksi dihasilkan, seperti keputusan mengenai produksi, pasarnya, harga dan promosinya. Konsep segmentasi pasar pada dasarnya meliputi kaitan kebutuhan serta hajat orang dengan segala produk barang atau jasa supaya terwujud pengalihan pemilikan atas produk barang atau nikmatnya jasa. Lebih lanjut Indriyo (2000:5), menyatakan bahwa konsep segmentasi pasar adalah proses pengelolaan dengan mans produk diserasikan dengan pasar. Suatu perusahaan hanya dapat memasarkan produk yang dapat dipasarkan, dan perusahaan tersebut hanya dapat menghasilkan produk yang bisa dipasarkan. Pengertian ini menyebabkan banyak pengusaha atau dunia usaha masih berorientasi pada produksi atau berpikir dai segi produksi saja. Kemudian oleh Manullang (2001:5), menyatakan bahwa konsep segmentasi pasar adalah kegiatan-kegiatan pemasaran yang langsung bertalian dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk merangsang permintaan dan memenuhi permintaan. Konsep segmentasi pasar ini telah banyak menunjukkan suatu tujuan yang balk dan banyak diterapkan oleh perusahaan. Pada umumnya perusahaan yang berhasil dalam penerapan konsep segmentasi pasar ini berorientasi pada tingkat kepuasaan konsumen. Karena sebagaimana diketahui bahwa perusahaan telah mampu menguasai pasar dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar