Jumat, 22 Februari 2013

Jenis-Jenis Persediaan Penerimaan Kas


         Penggolongan persediaan tergantung dari sifat dan jenis perusahaan yaitu perusahaan dagang atau perusahaan industri. Dalam perusahaan dagang perusahaan terdiri dari macam dan jenis yang memiliki krateristik yaitu perusahaan tersebut merupakan milik perusahaan dan persediaan tersebut siap dijual kepada konsumen tanpa proses produksi lebih lanjut.
         Dengan demikian, perusahaan industri tidak semua perusahaan dan untuk dijual. Persediaan dalam perusahaan industri diklasifikasi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu :
1.    Bahan baku
Bahan baku dapat digolongkan ke dalam bahan baku langsung dan bahan pembantu. Bahan baku langsung adalah hutang bahan yang dapat diidentifikasikan langsung dari produk. Bahan pembantu adalah bahan yang tidak dapat diidentifikasikan dalam produk yang bersifat sebagai bahan pelengkap sampai menjadi barang jadi dan siap untuk dijual dipasar.
2.    Barang dalam proses  
Barang dalam proses adalah barang yang masuk dalam tahap penyelesaian. Untuk dapat menjadi barang atau produk jadi diperlukan proses produksi lebih lanjut.
3.    Barang jadi
Barang jadi adalah produk yang telah selesai diolah dan siap untuk dijual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar