Minggu, 03 Februari 2013

Jenis Anggaran


Menurut M.Nafarin (2007:31) mengelompokkan anggaran sangatlah penting dalam menyusun anggaran, dengan mengelompokkan anggaran maka akan lebih mudah dalam menyusun jenis anggaran yang diiinginkan sesuai dengan keperluan. Anggaran dapat dikelompokkan dari beberapa segi antara lain :
1.    Segi Dasar Penyusunan
Menurut dasar penyusunan, anggaran terdiri dari :
a.    Anggaran Variabel (variabel budget) adalah anggaran yang di susun berdasarkan interval (kisaran) kapasitas (aktivitas) tertentu dan pada intinya merupakan suatu seri anggaran yang dapat disesuaikan pada tingkat aktivitas (kegiatan) yang berbeda.
b.    Anggaran tetap (fixed budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan suatu tingkat kapasitas tertentu.
2.    Segi Cara Penyusunan, anggaran terdiri dari :
a.    Anggaran Periodik (periodic budget) adalah anggaran yang disusun untuk satu periode tertentu. Pada umumnya periodenya satu tahun yang disusun setiap akhir periode.
b.    Anggaran Kontinu (continuous budget) adalah anggaran yang dibuat untuk mengadakan perbaikan atas anggaran yang pernah dibuat.
3.    Segi Jangka Waktu, anggaran terdiri dari :
a.    Anggaran Jangka Pendek (short-range budget) adalah     anggaran yang dibuat dengan jangka waktu paling lama satu tahun. Anggaran untuk keperluan modal kerja merupakan anggaran jangka pendek, disebut juga dengan anggaran taktis.
b.    Anggaran Jangak Panjang (long-range budget) adalah anggaran  yang dibuat dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Anggaran untuk keperluan investasi barang modal merupakan anggaran jangka panjang yang disebut dengan anggaran modal (capital bubget). Anggaran jangka panjang tidak mesti berupa anggaran modal. Anggaran jangka panjang diperlukan sebagai dasar penyusunan anggaran jangka pendek.
4.    Menurut bidangnya , anggaran terdiri dari :
Dilihat dari segi bidangnya, anggaran terdirai atas anggaran operasional dan anggaran keuangan. Kedua anggaran ini bila dipadukan disebut “anggaran induk” (master budget). Anggaran induk yang mengonsolidasikan rencana keseluruhan perusahaan untuk jangka pendek biasanya disusun atas dasar tahunan. Anggaran tahunan dipecah lagi menjadi anggaran triwulanan dan anggaran triwulan dipecah lagi menjadi anggaran bulanan.
a.    Anggaran Operasional (operational budget) adalah anggaran untuk menyusun anggaran laba rugi. Antara lain terdiri anggaran penjualan, anggaran biaya pabrik yang terdiri  (anggaran biaya bahan baku, anggaran biaya tenaga kerja langsung, dan anggaran biaya overhead pabrik), dan anggaran beban usaha.
b.    Anggaran keuangan (financial budget) adalah anggaran untuk menyusun anggaran neraca. Antara lain anggaran kas, anggaran piutang, anggaran persediaan, anggaran utang, dan anggaran neraca.
5.     Menurut Kemampuan Menyusun, anggaran terdiri :
a.    Anggaran Komprehensif (comprehensive budget) adalah      rangkaian dari berbagai jenis anggaran yang disusun secara lengkap. Anggaran komprehensif merupakan perpaduan dari anggaran operasional dan anggaran keuangan yang disusun secara lengkap.
b.    Anggaran Parsial (partially budget) adalah anggaran yang disusun secara tidak lengkap atau anggaran yang hanya menyusun bagian anggaran tertentu saja.
6.     Menurut Segi Fungsinya, anggaran terdiri dari :
a.    Anggaran Tertentu (appropriation budget) adalah anggaran yang diperuntukkan bagi tujuan trertentu dan tidak boleh digunakan untuk manfaat lain.
b.    Anggaran kinerja (performance budget) adalah anggaran yang disusun berdasarakan fungsi kegiatan yang dilakukan dalam organisasi (perusahaan), misalnya untuk menilai apakah biaya (beban) yang dikeluarkan oleh masing-masing aktivitas tidak melampaui batas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar