Senin, 04 Februari 2013

Fungsi Biaya Modal


Perhitungan biaya modal sangat erat kaitannya dengan pihak yang dikenakan kepada perusahaan. Biaya modal yang dikenakan pada modal pinjaman akan berbeda dengan biaya modal dari modal sendiri. Konsep perhitungan biaya modal dapat dilakukan pada perhitungan setelah pajak (before tex basis) atau perhitungan setelah pajak (after tex basis). Perbedaan konsep ini karena pajak merupakan pengurang laba yang diperoleh perusahaan.
Tetapi pada umumnya analisis biaya modal didasarkan pada keadaan setelah pajak. Apabiala ada biaya modal yang dihitung sebelum pajak (seperti biaya modal dari obligasi), maka perlu dulu disesuaikan dengan pajak sebelum dilakukan perhitungan biaya modal rata-ratanya.
Biaya modal biasanya digunakan sebagai ukuran untuk menentukan diterima atau ditolak suatu usulan investasi (sebagai dicont rate), yaitu dengan membandingkan tingkat keuntungan (rate of return) dari usulan investasi tersebut dengan biaya modalnya. Yang dimaksud dengan biaya madal di sini adalah biaya modal yang menyeluruh (overall cost of capital)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar