Selasa, 05 Februari 2013

Analisis Rasio Keuangan


Rasio adalah suatu angka yang menunjukkan hubungan antar suatu unsur dengan unsur lainnya dalam laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan media yang paling penting untuk menilai prestasi dan kondisi ekonomis suatu perusahaan. Menurut Harahap (2002:105) bahwa: ”Laporan keuangan menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu”.
Sedangkan Harahap (2002: 298), memberikan batasan sebagai berikut: “Rasio keuangan adalah angka yang diperoleh dari hasil perbandingan dari satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan (berarti)”.
Rasio-rasio keuangan yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan menurut Sawir (2003:7) adalah: “Rasio-rasio keuangan dikelompokkan ke dalam 5 (lima) kelompok dasar, yaitu likuiditas, leverage, aktivitas, profitabilitas dan penilaian pasar”
Penggunaan analisis rasio keuangan sangat bervariasi dan tergantung oleh pihak yang memerlukan atau dengan kata lain tergantung dari harapan dan tujuan yang ingin dicapai. Sehubungan dengan hal tersebut, maka analisis rasio keuangan juga beragam. Misalnya kreditur akan menekankan pada aspek jaminan yang ditunjukkan dengan besarnya aktiva lancar perusahaan. Pemegang saham preferen dan obligasi akan menitikberatkan pada aspek cash flow dalam jangka panjang. Sementara pemilik dan calon investor akan melihat dari segi profitabitas dan resiko. Sedangkan pihak manajemen akan memperhatikan semua aspek, karena tanggung jawabnya untuk mengelola operasi perusahaan setiap hari dan memperoleh laba yang kompetitif. 

1 komentar:

  1. semonga teruss sukses per mintaan ini semua amin ya allah

    BalasHapus